-->

Ini Dia 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Menurut Ilmu Kedokteran

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Menurut Ilmu Kedokteran
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Menurut Ilmu Kedokteran. Tanaman sirsak ditanam secara komersial untuk diambil buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling bagus ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Salah satu kandungan yang ada dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan ini adalah acetogenin. Yang dimaksut Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan 

Sebenarnya sudah banyak sekali produk-produk alami, terutama yang berbahan dasar tumbuhan, sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Salah satunya adalah daun sirsak. Namun selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata efek samping dari daun sirsak juga tidak sedikit. Silahkan simak manfaat dan efek sampingnya di bawah ini:

1. Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat kita. Karena penyakit diabetes disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi gula terlalu berlebih sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

Bagi Anda yang sedang menderita diabetes sebaiknya harus segera disembuhkan. Bisa juga dengan mengonsumsi ramuan herbal. Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak yang sudah dipercaya mampu menstabilkan gula darah.

2. Manfaat Daun Sirsak untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh Anda menurun, maka kemungkinan besar Anda akan sangat mudah terserang penyakit. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi agar bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang siap menyerang Anda.

Manfaat daun sirsak ini diyakini memiliki nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Anda hanya perlu merebus 5 lembar daun sirsak, silahkan meminum air rebusan tersebut secara rutin.

3. Manfaat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan asam urat
Manfaat rebusan daun sirsak mampu menyembuhkan asam urat. Caranya, Anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut sampai habis.

4. Manfaat Daun Sirsak untuk Membuang racun dari dalam tubuh
Ini dia salah satu khasiat daun sirsak bisa untuk membuang racun dari dalam tubuh manusia. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur.

5. Manfaat Daun Sirsak untuk Mencegah Infeksi
Kandungan nutrisi dari daun sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh. Caranya Rebus 5 daun sirsak dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas air saja. Setelah itu minumlah hasil rebusan daun sirsak tadi sekali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati eksim
Manfaat daun sirsak dapat mengobati eksim secara alami. Caranya: Tumbuk beberapa daun sirsak dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang mengalami dua kali sehari secara teratur. Cara ini juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim.

7. Manfaat Daun Sirsak untuk Melindungi kesehatan jantung
Untuk penderita hipertensi, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan pada jantung dan mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Apa Saja Efek Samping Daun Sirsak?

Menurut alodokter.com mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping loh. Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi.

Beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf. Biasanya efek samping ini muncul jika suplemen tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Lagi pula, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak loh. Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun sirsak jika:

  • Tengah menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.
  • Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).
  • Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

Begitu pun pada ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan informasi mengenai keamanan dan efektivitas konsumsi daun sirsak sebagai obat herbal pada ibu hamil dan menyusui belum memadai.

Jadi mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Pasalnya, banyak dari manfaat daun sirsak yang belum terbukti secara pasti, sementara efek sampingnya berisiko mengganggu kesehatan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel